Beranda | Artikel
Kronologis Pembunuhan Khalifah Utsman bin Affan - Faedah Sejarah Islam (Ustadz Dr. Ali Musri, M.A.)
Rabu, 18 April 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Kronologis Pembunuhan Khalifah Utsman bin Affan merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. dalam pembahasan Faedah-Faedah Sejarah Islam. Kajian ini disampaikan pada 28 Jumadil akhir 1439 H / 16 Maret 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Pengorbanan dan Usaha Utsman Bin Affan Dalam Mengembangkan Kejayaan Islam – Faedah Sejarah Islam

Kajian Tentang Kronologis Pembunuhan Khalifah Utsman bin Affan – Faedah Sejarah Islam

Pada kesempatan yang lalu, kita telah membahas tentang pengepungan rumah beliau oleh-oleh demostran dan juga para pengkudeta yang telah direncanakan oleh orang-orang yang memang bertujuan ingin merusak dan menghambat kemajuan dakwah Islam. Dimana telah kita jelaskan juga bahwa dimasa pemerintahan Utsman bin Affan terjadi pengembangan wilayah Islam yang besar-besaran baik diarah Eropa maupun ke arah Afrika.

Sebelumnya telah kita jelaskan juta tentang kesejahteraan yang luar biasa sehingga memotivasi manusia dan melupakan kehidupan akhirat. Hal ini dikarenakan begitu luasnya kekuasaan Islam, sehingga banyak sekali penghasilan-penghasilan negera yang berlimpah ruah sehingga masyarakat dimasa Utsman bin Affan mendapatkan kesejahteraan yang luar biasa.

Kajian kali ini akan membahas akhir dari masa pemerintahan Utsman bin Affan. Yaitu tentang fitnah yang menimpa beliau. Kejadian diakhir kekhalifahan beliau adalah dengan terbunuhnya khalifah Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu.

Para demostran datang dari penjuru daerah Kufah, Basrah dan Mesir. Diantara mereka tidak ada yang datang dari daerah Syam karena Syam berada dibawah pemerintahan Muawiyah. Para ahli sejarah banyak menulis tentang hal-hal yang menyebabkan ini terjadi. Diantaranya adanya kecemburuan sosial dan jauhnya mereka dari para ulama. Para ulama Muhajirin dan Anshar banyak yang tinggal di daerah Syam dan sedikit diantara mereka yang berada di daerah Mesir dan Kufah. Bahkan seperti yang telah kita jelaskan bahwa Kufah adalah sumber terjadinya fitnah.

Lalu bagaimana skenario mereka dalam membuat berbagai macam tipu daya?

Simak Kisah Lengkapnya dan Download mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Kronologis Pembunuhan Khalifah Utsman bin Affan – Faedah Sejarah Islam


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30845-kronologis-pembunuhan-khalifah-utsman-bin-affan-faedah-sejarah-islam-ustadz-dr-ali-musri-m/